Beberapa Contoh New Media, dan Manfaat Serta Kekurangannya

1. WIKIPEDIA

Wikipedia adalah proyek ensiklopedia multibahasa dalam jaringan yang bebas dan terbuka, yang dijalankan oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Amerika Serikat. Nama Wikipedia berasal dari gabungan kata wiki dan encyclopedia. Wikipedia dirilis pada tahun 2001 oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger, dan kini merupakan karya referensi paling besar, cepat berkembang, dan populer di Internet. Proyek Wikipedia bertujuan untuk memberikan ilmu pengetahuan manusia.

Kelebihan Wikipedia adalah sebagai berikut:
Mudah digunakan. Aplikasi yang berbasi elektronik dan tampilan muka yang ramah bagi pengguna membuat wikipedia mudah untuk digunaka.
Mutakhir. Isi entri dari Wikipedia sangat mutakhir karena perkembangan terbaru di dunia ini dapat dengan cepat ditulis dan dimasukan ke dalam pangkalan data Wikipedia. Hal ini berbeda dengan ensiklopedi konvensional yang membutuhkan waktu sangat lama untuk memasukkan entri baru.
Kesalahan cepat diperbaiki. Karena bersifat bebas dan terbuka, jika pengguna menemukan kesalahan atau kekurangakuratan informasi yang terdapat pada sebuah entri di wikipedia, pengguna tersebut dapat memperbaikinya secepat mungkin. Hal ini berbeda dengan ensiklopedi konvensional yang membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan perbaikan, karena perbaikan entri baru dapat dilakukan ketika Wikipedia 5 cetak ulang. Akan tetapi, banyak pihak yang menuduh hal ini sebagai kekurangan dari wikipedia, yaitu cepat berubah.
Dapat diakses secara gratis

Kekurangan Wikipedia adalah

Kepengarangan yang tidak dikenal. Kepengarangan sangat menentukan sebuah informasi, karena anda pasti akan memilih tulisan yang ditulis oleh orang yang benar-benar ahlinya. Sedangkan wikipedia tidak memberikan keterangan penulis.
Manfaat Wikipedia :

1. Wikipedia tidak direkomendasikan untuk dirujuk secara formal (dikutip isinya), tapi kita bisa menggunakanya untuk mengkomparasikan dengan sumber lain, banyak yang meragukan validitasnya karena (salah satunya) banyak yang berkontribusi, isinya bisa benar atau bisa juga tidak benar, karena tidak ada sistem yang menfilter itu, filternya ada pada diri kita.
2. Wikipedia jangan dijadikan sumber informasi, tapi wikipedia hanya portal saja, dimana kita bisa mendapatkan informasi awal dan juga mendapatkan link ke sumber yang sebenarnya. Jadi yang digunakan sebagai sumber informasinya adalah pranala luar.
3. Wikipedia bisa gunakan untuk mencari informasi awal tentang sebuah topik yang paling mutakhir.

Penggunaan Wikipedia secara real :
vhttp://www.youtube.com/watch?v=o_mUFS992Cw
vhttp://www.youtube.com/watch?v=sX1KEjjFg8s
vhttp://www.youtube.com/watch?v=h53LHyzBxwE&feature=related
vhttp://www.youtube.com/watch?v=3XYWrvl3OSk&feature=related
vhttp://www.youtube.com/watch?v=syPCNJFrXFg&feature=related
vhttp://www.youtube.com/watch?v=H0jAFDXPxxM&feature=related
vhttp://www.youtube.com/watch?v=Fa0Nmv9qsd8&feature=related

Source :
vhttp://www.scribd.com/doc/55457139/Wikipedia

2. FACEBOOK

Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc. Pada Januari 2011, Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif. Pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya.

Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, atau karakteristik lainnya. Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh administrasi universitas di AS dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.

Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa ilmu komputer Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy league, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun.
Kelebihan pada Facebook :

- Penggunaan facebook sangatlah mudah dibanding dengan yang lainnya. Tinggal klik dan selesai.
- Facebook merupakan situs jejaring sosial terbesar saat ini, sehingga pemakainya banyak.
- Upload gambar sangatlah mudah.
- Pemakaiannya gratis dan tanpa batasan.
- Dapat digunakan untuk iklan.
- Facebook dapat digunakan untuk tempat bisnis, terlebih untuk sales yang akan mempromosikan produknya.
- Dunia sudah semakin canggih, facebookpun dapat diakses dimanapun, kapanpun, dan dalam keadaan apapun.
- Facebook memiliki fitur yang mantap mencegah account palsu dan spam. Untuk mendaftar dengan nama yang bisa dicurigai account palsu kita harus mengirim request ke email untuk dibuatkan account oleh technical support Facebook.
- Banyak game bagus yang bisa langsung dimainin di facebook langsung.
- Bandwith yang dipakai tidak terlalu besar

Kekurangan pada Facebook :

- Facebook sangat terkenal sehingga banyak orang yang melakukan plagiat (nama samaran) biasanya mirip selebritis, jadi tidak tahu mana yang asli mana yang palsu.
- Facebook menjadi ajang penjualan diri. Maksudnya banyak pekerja seks komersial yang menawarkan dirinya melalui facebook.
- Lebih dari 60% pelajar di Indonesia adalah pengguna facebook dan 75% per harinya mereka akan membuka situs ini, sehingga mengganggu kegiatan belajar mereka.
- Facebook acap kali menjadi tempat kasus, diantaranya melakukan pelecehan melaui status, menghina lewat comment, dll. Banyaknya invitasi aplikasi terkadang membuat beberapa orang jengkel.



3. TWITTER


Twitter berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Proyek ini dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006. Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007.

Popularitas Twitter mulai meningkat pada tahun 2007 ketika terdapat festival South by Southwest (SXSW). Selama acara tersebut berlangsung, penggunaan Twitter meningkat dari 20.000 kicauan per hari menjadi 60.000. Reaksi di festival itu sangat positif.

Pada tanggal 14 September 2010, Twitter mengganti logo dan meluncurkan desain baru dan logo berubah lagi menjadi "Larry the "Bird" pada tanggal 5 Juni 2012.

Kelebihan Twitter adalah sebagai berikut:
•Mudah dinavigasi dan memperbarui, “link to” dan mempromosikan apapun.
•Menjangkau lebih luas tidak hanya antara teman
•Satu feed untuk semua pengguna dan siapa pun dapat mengikuti orang lain kecuali diblokir
•Alat komunikasi yang murni dan cepat tanggap
•Kamu tidak harus log in untuk mendapatkan update. Kamu bisa menggunakan aplikasi RSS reader
•Sangat interaktif, extensible messaging platform dengan API terbuka
•Banyak aplikasi lain yang sedang dikembangkan (Twitterific, Summize, Twhirl, dll)
•Pesan teks SMS berpotensi untuk memberi pendapatan dari jaringan nirkabel
•Potensi periklanan di masa mendatang atau perusahaan berbasis langganan
•Twitter mungkin lebih terukur dari Facebook dan memberikan keuntungan biaya.

Kelemahan Twitter sebagi berikut :
•Kemampuan terbatas: menemukan orang-orang, mengirim pesan singkat, balasan langsung
•Dibatasi sampai 140 karakter per update
•Tidak semua orang menemukan manfaat langsungnya
•Lebih menekankan pada penghitungan follower
•Mudah disalahgunakan untuk spam dan meningkatkan tingkat kebisingan
•Relatif lebih kecil basis pengguna diinstal
•Belum ada strategi keuangan yang mudah dan jelas

Tutorial :
vhttp://www.youtube.com/watch?v=zyFLtMV1hsI
Source :
vhttp://tiwipratiwi07.wordpress.com/2011/04/10/kelebihan-dan-kelemahan-twitter/
vhttp://www.lihatcara.com/2011/11/cara-twitteran-dan-tips-menggunakannya.html

4. YOUTUBE


YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri. Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki plugin Flash Player. Menurut perusahaan penelitian Internet Hitwise, pada Mei 2006 YouTube memiliki pangsa pasar sebesar 43 persen.

Kelebihannya :
•bisa melihat dan mengupload video yang kita suka
•sebagai ajang promosi diri
•bisa mendownload setiap video
•bisa belajar streaming, banyak video bermanfaat
•ukurannya ada yang HD, bisa di download
•banyak referensi video
Kekurangannya :
•bisa disalahgunakan penggunanya
•banyak informasi yang menyesatkan
•banyak negara yang memblok Youtube
•karena terlalu bebas upload jadi banyak video yang tidak berguna atau video pornografi yang terupload
•banyak video dengan kualitas buruk
•tidak cocok untuk slow conection
•tidak bisa download secara langsung

Konten pada YOUTUBE
Youtube menyediakan berbagai konten video dengan beragam kategorinya serta usia yang yang boleh mengakses konten tersebut. Namun youtube juga memuliki kebijakan akan konten yang diposkan ke youtube. Jika pengguna mengeposkan video yang bertentengan dengan kebijakannya maka youtube berhak menghapus video tersebut.

Tutorial Penggunaan YOUTUBE :
vhttp://www.youtube.com/watch?v=6ez2g_TYQh4
Source :
vhttp://id.wikipedia.org/wiki/YouTube
vhttp://blognyakrishna.blogspot.com/2011/02/kelebihan-dan-kekurangan-youtube.html
vhttp://support.google.com/youtube/bin/answer.py?hl=id&answer=92486


5. TELEVISI DIGITAL
Televisi digital atau DTV adalah jenis televisi yang menggunakan modulasi digital dan sistem kompresi untuk menyiarkan sinyal gambar, suara, dan data ke pesawat televisi. Televisi digital merupakan alat yang digunakan untuk menangkap siaran TV digital, perkembangan dari sistem siaran analog ke digital yang mengubah informasi menjadi sinyal digital berbentuk bit data seperti komputer.
Televisi digital atau penyiaran digital adalah jenis televisi yang menggunakan modulasi digital dan sistem kompresi untuk menyiarkan sinyal video, audio, dan data ke pesawat televisi.
Desain dan implementasi sistem siaran TV digital (terutama) ditujukan pada peningkatan kualitas gambar. TV digital memungkinkan pengiriman gambar dengan akurasi dan resolusi tinggi. Sistem TV digital mampu menghasilkan penerimaan gambar yang jernih, stabil, dan tanpa efek bayangan atau gambar ganda, walaupun pesawat penerima berada dalam keadaan bergerak dengan kecepatan tinggi.
Sistem TV digital tidak mengenal gambar tidak jelas, gambar ganda (ghost), dan kualitas gambar buruk lainnya, karena pada teknik digital hanya dikenal YES or NO. Gambar bagus atau tidak ada sama sekali.


•TV digital digunakan untuk siaran interaktif.
•Aplikasi teknologi siaran digital menawarkan integrasi dengan layanan interaktif, layanan komunikasi dua arah seperti internet.
•Penyiaran TV digital terrestrial bisa diterima oleh sistem penerimaan TV tidak bergerak dan penerimaan TV bergerak (mobile TV/HP). Kebutuhan daya pancar TV digital juga lebih kecil.
•Penyiaran TV Digital menyebabkan tersedianya saluran siaran yang lebih banyak.

Sumber :
vhttp://2009033-kartikarahmawati.blogspot.com
vhttp://id.wikipedia.org

Comments

Popular posts from this blog

[E] Boss/Monster Location for Athens and Spartan Guide

Inovasi Bisnis dan Contoh Perusahaannya