Penerapan Komputasi Modern Website blibli.com

Hai semuanya, kali ini penulis kembali menulis lagi nih dalam blog ini. Seperti biasa tulisan kali ini mengenai tugas mata kuliah softskill Pengantar Komputasi Modern. Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang penerapan komputasi modern pada website blibli.com. Silahkan disimak berikut merupakan uraian tentang komputasi modern serta penerapannya pada website blibli.com.




KOMPUTASI

Komputasi sebetulnya bisa diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Hal ini ialah apa yang disebut dengan teori komputasi, suatu sub-bidang dari ilmu komputer dan matematika. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakanpena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Namun sekarang, kebanyakan komputasi telah dilakukan dengan menggunakan komputer.

Secara umum Ilmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaankomputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Dalam penggunaan praktis, biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu.

Bidang ini berbeda dengan ilmu komputer (computer science), yang mengkaji komputasi, komputer dan pemrosesan informasi. Bidang ini juga berbeda dengan teori dan percobaan sebagai bentuk tradisional dari ilmu dan kerja keilmuan. Dalam ilmu alam, pendekatan ilmu komputasi dapat memberikan berbagai pemahaman baru, melalui penerapan model-model matematika dalam program komputer berdasarkan landasan teori yang telah berkembang, untuk menyelesaikan masalah-masalah nyata dalam ilmu tersebut.




bisa kita simpulkan bahwa komputasi modern adalah cara untuk pemecahan masalah dari data input menggunakan suatu algoritma secara modern. Kemudian saya akan mencoba untuk membahas tentang penerapan komputasi modern pada website bliblib.com





Blibli.com adalah salah satu E-Commerce di Indonesia dengan konsep belanja online. Dengan konsep tersebut masyarakat Indonesia yang terbiasa belanja di mall bisa menemukan barang yang mereka cari dengan mudah dan menyenangkan dimanapun dan kapanpun. Blibli adalah produk pertama PT Global Digital Niaga yang merupakan anak perusahaan DJarum dibidang digital yang didirikan pada tahun 2010. Blibli bekerja sama dengan teknologi provider kelas dunia, mitra logistik, banking partner serta merchant partner dengan standar tertentu untuk menciptakan sistem back-end yang bisa memenuhi kebutuhan pengguna blibli.

Sama halnya seperti toko online yang ada di Indonesia yang menyediakan semua kebutuhan para customer. Mulai dari penjualan alat rumah tangga, accessories kendaraan, berbagai macam alat elektronik, kesehatan dan kecantikan, peralatan olahraga, aneka kuliner lain sebagainya. Pada halaman utama terdapat item atau barang yang baru, jadi customer dapat mudah mengetahui produk baru atau produk yang sedang hangat-hangatnya.



Katalog atau Kategori

Pada katalog ini dapat mempermudah para customer apabila ingin melihat barang-barang yang dijual dengan harga yang dicantumkan.

Panduan dan Akun

Pada bagian ini terdapat panduan dimana web blibli ini memberitahu akan adanya produk-produk yang mendapat potongan besar atau produk yang dapat dicicil. Panduan tersebut juga bertujuan untuk memberitahu customer bagaimana cara membeli pada blibli.com

Juga terdapat akun dimana situs tersebut memberikan keamanan dalam belanja sehingga perusahaan tahu siapa saja yang bertransaksi pada situs tersebut. Dengan adanya akun juga customer dapat mengetahui berapa banyak barang yang dibeli dan dilihat.

Pencarian Cepat

Pencarian cepat ini sangat penting karena customer tidaklah harus bersusah payah mencari produk yang diinginkan. Dengan pencarian customer dapat langsung mendapatkan barang yang diinginkan tanpa harus melihat pada katalog belanja.

Metode pembayaran

Dengan metode pembayaran yang beragam customer dapat menyesuaikan pembayaran yang kita inginkan. Metode yang ditawarkan situs blibli.com aman karena terdapat privacy policy dan surat ketentuan, dimana apabila customer sudah bayar tetapi barang belum datang maka customer berhak mendapatkan uangnya kembali atau komplai dengan surat bukti.


Jasa Pengiriman

Pelayanan jasa pengiriman untuk website blibli.com sangat beragam sehingga customer dapat memilih jasa mana yang akan dipilih, sehingga customer dapat santai dirumah hingga pesanan sampai dengan maksimal 5 hari.




Kesimpulan :

Situs pembelanjaan online sangat berguna untuk kalangan semua umat manusia khususnya di Indonesia. Dengan adanya situs pembelanjaan online customer dapat mempermudah mencari sesuatu yang kita inginkan, bukan hanya hal tersebut tetapi sangat membantu dalam pencarian barang yang sulit dijangkau keberadaannya ataupun barang itu sendiri. Karena dengan sistem online seperti salah satunya website blibli.com customer dapat menunggu santai hingga barang yang dipesan sampai dan tidak harus bersusah payah untuk mengambil pesanan yang jaraknya jauh.

Adapun kekurangan dan kelebihan pada situs blibli.com.

Kekurangan
  • Pada website blibli.com sistem pembayaran COD (Cash On Deliver) tidak ada, jika ada sistem pembayaran seperti ini customer ataupun penjual tidak rugi karena barang yang dipesan akan diantar kemudian dibayar ditempat. Metode pembayaran seperti ini juga salah satu metode pembayaran yang aman.
  • Harga barang yang ditampikan atau yang ditawarkan tidak sesuai harga pasaran, harga barang lebih mahal dari harga pasaran. Banyak customer yang ingin membeli barang dipasaran akan melihat barang yang ada di situs online sebagai patokan.
  • Kedatangan barang yang dipesan tidak bisa cepat walaupun domisili customer dengan perusahaan dekat
Kelebihan
  • Setiap barang yang kita inginkan pasti ada. Pada situs blibli.com semua ada dan bisa kita pilih sesuai keinginan hati. Ditambah dengan adanya dukungan pencarian cepat yang membantu customer untuk cari barang yang dipilih.
  • Sistem pembayaran yang sangat aman karena pembayaran tersebut harus menggunakan kartu kredit atau debit guna untuk menghindari penipuan. Dengan sistem pembayaran tersebut customer diwajibkan memiliki akun untuk melakukan pembayaran.
  • Unik sekali situs blibli.com menyediakan pembayaran di sebuah minimarket yaitu INDOMARET. Ini sangat mempermudah customer yang tidak memiliki kartu debit atau kredit.
  • Adanya jasa pengiriman gratis. Jasa pengiriman gratis ini juga membantu customer dengan tidak harus bersusah payah untuk mengambil barang pesanan.
Sumber : 

Comments

Popular posts from this blog

[E] Boss/Monster Location for Athens and Spartan Guide

Inovasi Bisnis dan Contoh Perusahaannya

Story Line Game Softskill