Inovasi Bisnis dan Contoh Perusahaannya



Inovasi Bisnis dan Contoh Perusahaannya


Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang invoasi bisnis dan contoh perusahaannya.Salah satu inovasi bisnis adalah Startup. Apa itu Startup? Startup adalah tindakan atau proses memulai sebuah ogranisasi baru atau usaha bisnis. Dalam artian lain, perusahaan Startup sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada pada fase pengembangan dan penelitian untuk menentukan pasar yang tepat. Adapun beberapa karakteristik yang dimiliki perusahaan Startup yaitu:
  1. Masih dalam tahap berkembang
  2. Umumnya beroperasi dalam bidang teknologi
  3. Produk yang dibuat berupa aplikasi dalam bentuk digital
  4. Jumlah pegawai awal kurang dari 20 orang
  5. Biasanya beroperasi melalaui website
Dari karakteristik tersebut mungkin dapat ditarik kesimpulan bahwa Startup lebih condong ke perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan web.


Dengan semakin berkembanganya teknologi informasi pada saat ini, semakin banyak pula perusahaan-perusahaan di Indonesia yang terus berlomba untuk membuat sebuah terobosan Startup baru untuk dapat bersaing didunia perbisnisan, akan tetapi hal itu tidak membuat perusahaan terdahulu untuk tetap bertahan dan berhasil menarik perhatian banyak investor. Beberapa contoh perusahaan Startup yang ada di Indonesia yaitu:


1. HappyFresh
HappyFresh merupakan startup yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari penggunanya. Perusahaan ini membantu pengguna berbelanja kebutuhan bahan pangan dari supermarket lalu dikirimkan langsung ke rumah pembeli. Perusahaan yang berbasis di Jakarta dan Kuala Lumpur ini berhasil memecahkan rekor pendanaan seri A tahun ini dengan nilai US$ 12 juta, yang berasal dari Vertec Ventures dan Sinar Mas Digital Ventures

2. Jualo
Jualo merupakan startup yang bergerak di bidang e-commerce dan menawarkan jasa yang kurang lebih sama dengan OLX Indonesia. Meskipun masih dalam tahap awal, Jualo sudah berhasil mendapatkan lebih dari 2 juta kunjungan per bulan. Selain itu, pendiri dan CEO Jualo Chaim Fetter mengungkapkan bahwa Jualo telah memiliki ratusan pengguna terdaftar dari ribuan pengguna dan telah berhasil memfasilitasi transaksi lebih dari US$ 100 juta.


3. HijUp
HijUp merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penjualan keperluan fashionbernuansa Islami. Saat ini, HijUp sudah membawahi lebih dari 200 merek fashion Muslim dan dikabarkan akan segera menghadirkan layanannya untuk pasar fashion muslim dunia.


4. Bukalapak
Bukalapak merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jual-beli barang secara online. Bukalapak didirikan oleh Achmad Zaky pada awal tahun 2010 yang awalnya sebagai divisi agensi digital bernama Suitmedia yang berbasis di Jakarta. Namun, Bukalapak baru berstatus sebagai sebuah Perseroan Terbatas (PT) pada September 2011 dan dikelola oleh manajemen yang dipimpin oleh Achmad Zaky sebagai CEO (Chief Executive Office) dan Nugroho Herucahyono sebagai CTO (Chief Technology Officer).


5. Go-Jek
Go-jek mulai berdiri pada tahun 2010 di Jakarta, perusahaan ini didirikan oleh pemuda yang bernama Nadiem Makarin. Perusahaan ini bertujuan menghubungkan ojek dengan penumpangnya. Pada awalnya Go-jek hanya melayani panggilan lewat telepon saja, seperti halnya booking taksi. Barulah pada tahun 2015 lalu, perusahaan tersebut meluncurkan sebuah aplikasi instan yang dapat diakses menggunakan handphone sehingga semakin memudahkan pengguna untuk mengaksesnya. Untuk perhitungan keuntungan, pihak Perusahaan Go-jek menerapkan pembagian 20/80, 20% untuk perusahaan, dan 80% untuk driver.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

[E] Boss/Monster Location for Athens and Spartan Guide

Story Line Game Softskill