Pengantar Bisnis Informatika

Assalamualaikum, halo semuanya kali ini penulis kembali lagi menulis tentang tugas softskill (iya lagi dan lagi). Tapi tentunya dengan mata kuliah baru yaitu Pengantar Bisnis Informatika. Untuk postingan kali ini akan ada 3 pembahasan mengenai Pengantar Bisnis Informatika. Langsung aja kita ke point-poitnya :D



1. Bagaimana Mencari informasi peluang usaha dibidang TI (Teknologi Informasi)?





Untuk pembahasan pada  point pertama, yaitu tentang bagaimana mencari informasi mengenai peluang usaha dibidang TI (Teknologi Informasi). untuk mendapatkan informasi tentunya kita membutuhkan sebuah MEDIA. Media tersebut dapat berupa media cetak maupun media elektronik. Media cetak dapat berupa seperti : Majalah, Koran, dsb . Sedangkan untuk media elektronik kita dapat melihat peluang usaha bisnis melalui : Internet. Internet sudah menjadi sumber jendela dunia. Kita dapat membaca, melihat, mendengar semua informasi dari seluruh penjuru dunia, Berita ter-update dan tentunya peluang usaha bisnis yang sedang kita bahas saat ini seperti bisnis start-up, dll.

Selain dari beberapa media tersebut, kita dapat mencari informasi tentang peluang usaha dibidang TI dengan cara terjun langsung atau bertemu dengan orang-orang yang sudah melakukan hal ini. Hal ini dapat kita katakan mencari informasi peluang usaha melalui Komunitas atau Workshop atau Seminar. Melalui ketiga cara diatas, kita bisa langsung mendapatkan Informasi mengenai peluang usaha dibidang TI dengan lebih akurat dikarenakan kita dapat berkomunikasi secara langsung dengan narasumbernya namun hal ini akan lebih sulit dilakukan atau membutuhkan biaya . Berbeda dengan melalui internet, informasi yang kita dapatkan belum tentu se-akurat seperti cara lainnya, namun tentunya tidak terdapat batasan tentang informasi yang ingin kita dapatkan dan tentunya kita dapatkan secara gratis(paling bayar kuota/tagihan internet ato billing warnet sih haha)


2. Tahapan Pengembangan Usaha

Selanjutnya adalah tahapan dalam pengembangan usaha. Berikut adalah tahapan dalam pengembangan usaha :

TAHAP 1: MENCARI IDE BISNIS
Merupakan tahap paling awal ketika akan memulai bisnis. Calon pebisnis mencari berbagai informasi tentang peluang dan ide bisnis. Ide ini bisa datang darimana saja. 
Tip: kita bisa memperoleh ide bisnis dari buku, majalah, internet, seminar, saran pebisnis senior dan juga ketika kita berkunjung ke pusat perbelanjaan/pusat keramaian.


TAHAP 2: MEMULAI BISNIS
Setelah menemukan ide dan peluang bisnis, kemudian memulai bisnis. Ingat, intinya adalah ACTION dahulu, dan jangan takut gagal.
Tip: Pada tahap ini fokuslah untuk jualan, promosi, mengubah calon pelanggan menjadi pelanggan. Kumpulkan dan cari konsumen sebanyak-banyaknya.


TAHAP 3: MENINGKATKAN PROFIT
Pada tahap ini kita fokus untuk meningkatkan keuntungan bisnis. Setelah banyak konsumen yang datang ke toko kita, saatnya kita meningkatkan keuntungan.
Tip:
- Perbesar margin keuntungan
- Buatlah konsumen membeli lebih sering
- Buatlah konsumen membeli lebih banyak


TAHAP 4: MEMBANGUN SISTEM
Tahap ini secara bertahap kita mulai membangun sistem bisnis. Kita mulai membuat Standard Operating Procedure, buat sistem proses order, penjualan, penggajian karyawan, buat tim manajemen.
Tip: Inti dari tahap ini adalah bisnis kita bisa jalan, meski kita tidak ada.


TAHAP 5: MENGEMBANGKAN
Tahap ini bisa kita jalankan ketika sistem sudah kita bangun. Proses pengembangan bisnis ada berbagai macam:
- Membuka cabang
- Membuka sistem kemitraan
- Membuka sistem waralaba
- Mencari ide bisnis baru

3. Perkembangan Bisnis Teknologi Dunia

Banyak sekali perusahaan perusahaan yang berkembang hingga saat ini.  Bisnis Teknologi menjadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan seperti bisnis start up. Berikut adalah beberapa perusahaan Start Up yang cukup terkenal :


Uber
Uber, itulah nama sebuah startup paling menghebohkan jagat teknologi Dunia sepanjang tahun 2015 kemarin.Uber adalah Startup Terbesar di Dunia 2016 dengan nilai valuasi mencapai 51 miliyar dolar. Startups rental kendaraan berbasis Aplikasi ini berhasil menikmati kejayaannya dengan kucuran dana segar dari banyak investor sebut saja Baidu, Benchmark Capital, Google Venture hingga Jumpstart Capital. Total pendanaan yang mencapai 7,4 miliyar dolar membuat nilai valuasi aset Uber ini pun ikut meroket.

Saat ini Uber dipimpin sang CEO Travis Kalanick yang juga merupakan co-founder Uber yang dia dirikan pada tahun 2009 di San Francisco, CA. Tantangan berat tentu sudah menanti Uber di 2016 ini mengingat hadangan dari para pesaingnya yang memiliki model bisnis serupa seperti Didi & Kuaidi Dache asal Tiongkok dan Lyft. Selain itu tentu perijinan oprasi kendaraan yang digunakan di kota atau negara tertentu juga halus jelas dan tersesaikan supaya layanan Uber ini tidak lagi di cap Ilegal oleh pemerintah setempat. 


Snapchat
Snapchat, aplikasi chatting lintas platform buatan Evan Spiegel. Snapchat sendiri merupakan startup yang terbilang baru dimana pada tahun 2012 Spiegel membangunnya di tanah Venice, CA. Tercatat beberapa Capital Firm kenamaan seperti Alibaba, Yahoo hingga York Capital Management turut mengucurkan dana segar untuk memajukan produk aplikasi mobile Snapchat berjaya di Android dan Apple IOS. Tak tanggung-tanggu tercatat pada 2016 ini Snapchat berhasil menghimpun dana sebesar 1,2 miliyar dolar sekaligus membuat nilai valuasinya menembus angka 16 miliyar dolar.

Pinterest
Pinterest adalah nama yang tak asing untuk kita, terutama bagi pencinta sosial media. Ya seperti kita ketahui pinterest merupakan media sosial yang didirikan pada tahun 2008 di San Francisco, California. Saat ini startup yang dibawah kendali Ben Silbermann ini telah mengumpulkan dana 1,3 miliyar dolar dengan total valuasi mencapai 11 miliyar dolar untuk menjadi penantang berat facebook, WhatsApp hingga Instagram.

Comments

Popular posts from this blog

[E] Boss/Monster Location for Athens and Spartan Guide

Inovasi Bisnis dan Contoh Perusahaannya

Story Line Game Softskill