MENGANALISA WEB (WEB PENDIDIKAN, INSTANSI PEMERINTAH, DAN SOSIAL MEDIA)

Menganalisa Web (Web Pendidikan, Instansi Pemerintah, dan Sosial Media)

Pada kesempatan kali ini saya ingin menganalisis web tentang pendidikan, instansi pemerintahan dan sosial media, yang di dasari karena tugas softskill (mata kuliah). Pertama-tama saya akan menganalisis web social media . Web yang saya analisis dari web social media adalah https://www.facebook.com/



  • Pengenalan 
Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc. Pada September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat". Facebook ditulis dengan bahasa pemrograman :
  1. C++
  2. PHP
  3. Bahasa D

  • Ukuran
Berikut adalah ukuran dari web Facebook yang di cek melalui gtmetrix.com. Berikut adalah hasilnya 



Hasil lengkapnya dapat kalian download disini.

Dari hasil diatas kita bisa menyimpulkan bahwa situs facebook.com memiliki page load time yang lumayan buruk untuk sebuah website. Mungkin hal itu disebabkan oleh banyaknya pengguna yang menggunakan situs social media ini. Namun jika dilihat dari YSlow Grade, situs ini sudah termasuk cukup baik.



  • Search Engine 



Pada kesempatan kali ini saya menggunakan search engine yaitu Google, namun masih terdapat search engine lainnya yaitu seperti Bing, Yahoo, dll. Dari hasil pencarian saya menggunakan keyword "Facebook" menggunakan Google mendapatkan bahwa situs web Facebook berada pada urutan teratas dari search engine tersebut. Hal ini sudah menjelaskan bahwa situs web social media ini memang sangat sering sekali digunakan atau diakses.



  • Web Archive

Dikarenakan Facebook merupakan situs social media, maka web archive itu sendiri adalah segala sesuatu yang merupakan postingan dari si pemilik akun social media itu. Untuk Facebook sendiri memiliki fitur web archive berupa Timeline, dimana para pengguna dapat kembali mengakses posting lama mereka dengan fitur ini.



Sekian analisa dari saya mengenai web social media.


Menganalisa Web Instansi Pemerintah

Pada kesempatan kali ini saya akan menganalisa sebuah web instansi pemerintah yang merupakan salah satu tugas dari mata kuliah Web Science ( softskill ). Web instansi pemerintah yang akan saya analisa kali ini adalah situs dari Sekretariat Negara Republik Indonesia ( http://www.setneg.go.id/ )




  • Pengenalan


Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia (dahulu Sekretariat Negara Republik Indonesia, disingkat Setneg RI) adalah kementerian Indonesia yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada presiden dan mempunyai tugas menyelenggarakan dukungan teknis dan administrasi serta analisis urusan pemerintahan di bidang kesekretariatan negara untuk membantu Presiden dan Wakil Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. Kementerian Sekretariat Negara dipimpin oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) yang sejak 27 Oktober 2014 dijabat oleh Pratikno.



  • Ukuran

Berikut dibawah ini adalah ukuran mengenai website / situs dari Kementrian Sekretariat Negara Republik Indonesia yang saya cek melalui gtmetrix.com.




Untuk hasil selengkapnya dapat kalian lihat disini

Berdasarkan hasil diatas, saya dapat menyimpulkan bahwa situs ini sudah sangat baik jika dinilai dari Page Speed Grade dan YSlow Grade. Situs ini memiliki page load time yang hanya 1.09s dimana waktu tersebut sangatlah cepat untuk ukuran sebuah website dari instansi pemerintah.





  • Search Engine




Tentu kita semua sudah mengetahui apa itu search engine sehingga saya tidak terlalu menjelaskan panjang lebar mengenai search engine. Ada banyak sekali search engine yang sering digunakan pada saat ini seperti Google, Bing, Yahoo, dll. Namun pada kesempatan kali ini saya akan menggunakan search engine dari Google. 

Dari hasil pencarian diatas menggunakan kata kunci "kementerian sekretariat negara" bisa kita lihat bahwa situs www.setneg.go.id berada pada urutan pertama dalam pencarian. Hal ini tentunya membuktian bahwa situs ini sudah sangat sering dikunjungi dan memang memiliki kedalaman / materi yang cukup kompleks atau banyak mengenai hal yang mencakup dengan materi dari website tersebut. Sehingga tentunya website sudah dikatakan sangatlah baik.




  • Web Archive 

Web Archiving merupakan suatu metode dimana kita dapat menyimpan suatu arsip atau file lama dalam website tersebut agar suatu saat dapat digunakan kembali. Web Archiving merupakan salah satu indikator untuk melihat apakah situs tersebut sudah cukup memadai atau belum. Pada website www.setneg.go.id kita dapat melihat web archiving yang sungguh tertata rapih dan komplit. Hal ini menunjukan bahwa website tersebut merupakan website yang sangat baik.




Demikian analisa yang dapat saya lakukan mengenai website instansi pemerintah yaitu www.setneg.go.id

  • Menganalisis Website V-Class yang digunakan oleh Universitas Gunadarma

Pada kali ini saya akan menganalisa website Pendidikan yang disediakan oleh Universitas Gunadarma yaitu Virtual Class atau disingkat V-CLASS untuk para mahasiswa untuk melakukan kegiatan perkuliahan secara online. Saya akan menganalisa website V-CLASS Universitas Gunadarma dari berbagai aspek. Aspek yang saya akan perhatikan adalah :
  • ·    Desain dan Tampilan

Dari segi desain dan tampilan website Universitas Gunadarma, terlihat susunan yang sangat menarik, dinamis dengan perpaduan warna yang cukup menarik bagi para mahasiswa. Tata letak yang dirancang pun cukup efektif bagi para mahasiswa yang memakainya dan memudahkan para mahasiswa dalam menggunakan. Pada samping halaman website terdapat menu yaitu Tentang V-Class, Silabus Perkuliahan, Berita situs, dll. Setiap menu menampilkan isi atau konten yang berbeda dan beragam.
  • ·         Pengaksesan ke Dalam Website

Dari segi pengaksesan, V-Class sangat mudah dalam mengaksesnya karena bisa lewat komputer maupun gadget yang kita miliki karena sudah compatible ke semua gadget. Dalam waktu mengaksesnya pun cukup cepat, tetapi apabila banyak mahasiswa yang sedang memakainya, website ini pun sulit untuk diakses karena mahasiswa Universitas Gunadarma tidak dalam jumlah sedikit bisa mencapai ribuan ketika dalam waktu bersamaan mahasiswa Gunadarma ingin mengakses website ini.
  • ·         Kelebihan Website V-Class Universitas Gunadarma

o   Tampilan halaman website konsisten dengan pengaturan warna dan backgroundnya.
o   Beritanya selalu diperbarui sesuai kegiatan dan agenda kampus.
o   Setiap menu saling terhubung dengan link yang tersedia.
o   Memiliki sifat-sifat informasi yang baik sehingga memudahkan mahasiswa.
o   Memiliki fitur alih bahasa, webmail, e-learning,  kontak dan kolom pencarian.
  • ·         Kekurangan Website V-Class Universitas Gunadarma

o   Memiliki banyak link untuk menu atau konten yang sama.
o   Sulit untuk menemukan halaman atau fasilitas forum tanya jawab (FAQ).
o   Tidak memiliki fitur sitemap yang memudahkan user mengetahui konten-konten dari website tersebut.



Kelompok : 
Rafi Pitra (pembahasan web instansi pemerintah)
Gilang (pembahasan web pendidikan)
Yandra (pembahasan web social media)


Sumber Referensi :

http://gtmetrix.com/
https://id.wikipedia.org/wiki/Facebook
https://google.co.id/
https://facebook.com/
https://setneg.go.id/
https://gunadarma.ac.id/
https://v-class.gunadarma.ac.id/






Comments

Popular posts from this blog

[E] Boss/Monster Location for Athens and Spartan Guide

Inovasi Bisnis dan Contoh Perusahaannya

Story Line Game Softskill