Pengaruh Budaya Luar Terhadap Indonesia

Selamat malam, kali ini saya kembali menulis di blog ini dan menjadikan kegiatan ini sebagai salah satu kegiatan rutinitas dikarenakan kewajiban suatu mata kuliah di universitas saya :)

Pada postingan kali ini saya ingin membahas tentang "Pengaruh budaya luar terhadap Indonesia." Sesuai judul dari postingan ini maka kita akan membahas apa saja pengaruh budaya luar terhadap negara kita, terutama yang sedang marak2nya yaitu budaya dari negeri Gingseng yaitu Korea. Siapa yang tidak kenal SuperJunior? atau Girls Generation? Hampir seluruh masyarakat Indonesia mengenal mereka, terutama para kaum muda. Lantas apakah ini suatu bencana untuk kebudayaan Indonesia? Mari kita coba simak.

Seperti yang kita ketahui sebenarnya bukan hanya di negeri kita tercinta yang mengalami demam korea. Hampir diseluruh dunia. Banyak sekali para generasi muda kita yang mengikuti alur pertumbuhan budaya dari negeri gingseng tersebut. Namun apakah ini suatu bencana? Saya pikir ini hanya dari sudut pandang kita saja yang harus dirubah. 
 
Menurut saya, pengaruh demam Korea ini sangat mempengaruhi masyarakat. Tapi asalkan pengaruh tersebut menuju hal positif saya setuju saja. Sapa tahu mereka yang fanatik terhadap perfilman, atau band-band Korea jadi bisa menggunakan dan belajar bahasa Korea. 
 
Itu merupakan salah satu contoh positifnya. Namun, kita juga bisa melihat sisi negatifnya yang bisa saya simpulkan yaitu kehilangan ketertarikan para generasi muda terhadap budaya asli Indonesia. Mungkin disini adalah hal yang paling berpengaruh besar atas masuknya budaya Korea ke Indonesia. Jadi disamping itu, kita perlu untuk tetap menanamkan rasa kebanggaan tersendiri kepada para generasi muda untuk tetap mencintai budaya asli Indonesia seperti dengan tetap menyelenggarakan kegiatan2 yang berisi budaya Indonesia untuk tetap melestarikan budaya asli kita sehingga tidak benar2 lenyap :) 

Jadi menurut saya kita tidak perlu terlalu khawatir terhadap pengaruh budaya dari luar karena itu merupakan salah satu proses globalisasi. Kita tidak akan bisa menghindari kenyataan itu, Namun, yang lebih baik lagi adalah ketika kita bisa menerima budaya luar ditambah dengan tetap menjada budaya asli kita adalah hal yang paling adil dalam hal ini. Atau bahkan mencoba untuk membuat demam budaya Indonesia terhadap dunia mungkin? Siapa bilang tidak bisa? hanya saja hal2 seperti ini masih jarang dilakukan dan belum sebesar pengaruh seperti demam Korea. Kita harap saja kedepannya akan lebih baik lagi . :)

Comments

Popular posts from this blog

[E] Boss/Monster Location for Athens and Spartan Guide

Inovasi Bisnis dan Contoh Perusahaannya

Story Line Game Softskill